Minggu, 12 Mei 2019

belajargis_official

Membuat Polygon di Google Earth jadi Shp

      Google Earth tidak asing lagi bagi kita generasi milenials, apalagi yang sering menggunakan maps dalam berkendara atau berpergian luar maupun dalam negeri, aplikasi ini mumpuni menyediakan database lokasi dll yang kita inginkan, dalam dunia SIG Google Earth banyak digunakan dalam melihat perspektif belahan bumi melalui sajian citra yang update, selain murah / gratis penyediaan citra dari google earth juga menyediakan banyak data yang akurasinya tidak diragukan dan selalu terupdate setiap saat.

 
           Google Earth juga menyediakan fasilitas dalam membuat polygon secara langsung dan dapat diketahui luasannya, sehingga  sangat mendukung jika akan memetakan suatu wilayah tertentu berdasarkan citra Google Earth dan polygon yang dibuat untuk dapat diolah lebih lanjut di aplikasi Arcgis perlu diubah jenis file dalam bentuk Shp,  untuk itu berikut tahapan-tahapan dalam membuat polygon di google earth menjadi file Shp :

Tahap 1. Buka Google Earth yang sudah terkoneksi internet.

Tahap 2. Pilih lokasi yang akan kita buat polygonnya, lalu pilih add polygon pada menu google earth, buat polygon yang sesuai keinginan.

Tahap 3. Setelah selesai buat polygon, klik kanan pada polygon yang telah kita buat sebelumnya lalu pilih Save Place As untuk menjadikan file tersebut menjadi file .kmz.
 
Tahap 4. Buka aplikasi Arcgis, lalu pilih Arctollbox --> Conversion tools -->  From KML --> KML to Layer. lalu input data polygon yang telah kita buat sebelumnya.

Tahap 5. Setelah dilakukan Tahap 4, file yang dihasilkan masih dalam bentuk file Layer (Lyr) untuk itu perlu dikonversi menjadi file Shp. tahapannya pilih Arctollbox --> Data Management Tools --> Features --> Feature to Polygon.

ARTIKEL TERKAIT :



belajargis_official

About belajargis_official -

Author Description here.. belajararcgis.blogspot.co.id

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Eki Gunawan
AUTHOR
26 April 2020 pukul 09.41 delete

Terimakasih atas tutorialnya, sangat membantu.
Kunjungi webiste http://ekigunawan23.blogspot.com/ dan http://www.gunadarma.ac.id

Reply
avatar