Senin, 24 Desember 2018

belajargis_official

Teknik mengabungkan Citra (Mosaic to New Raster)

         Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Mozaik/ mo-za-ik/  merupakan (1) seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (2) susunan foto udara yang telah disambung satu dan lain sedemikian rupa sehingga membentuk gambaran yang mencakup suatu daerah tertentu.
       Pada program Arcgis, Mosaic to New Raster digunakan untuk mengambungkan beberapa citra yang telah didownload untuk dianalisis lebih lanjut. berikut tahapan dalam mengambungkan citra :

Step 1. Buka Arcgis

Step 2. Masukkan peta citra yang akan digabungkan, perlu diingat bahwa peta citra yang akan digabungkan merupan peta yang memiliki kesamaan  type pixel dan pixel depth serta berformat .tif

Step 3. buka Arctoolbox lalu pilih data management tools, pilih raster lalu raster datashet kemudian pilih Mosaic to New  Raster

Step 4. pada input raster pilih atau block semua peta citra/raster yang akan digabungkan, bisa juga input folder jika seluruh citra berada dalam folder yang sama.

Step 5. pada output location tentukan folder penyimpanan file hasil pengambungan.

Step 6. pada raster dataset name with extension beri nama file hasil pengabungan citra, perlu diperhatikan  dalam memberi nama harus menambahkan jenis file (.tif) dibelakang nama.

Step 7. pada pixel type isi sesuai pixel type citra tersebut

PixelType
Step 8. pada number of bands isikan angka 3 sesuai jumlah  bands citra tersebut

Step 9. pada mosaic operator  pilih maximum

Step 10. pada mosaic colormap mode  pilih match.. klik OK

Itulah tahapan dalam mengabungkan citra menggunakan fasilitas dari program Arcgis (Mosaic to New Raster)


ARTIKEL TERKAIT 



belajargis_official

About belajargis_official -

Author Description here.. belajararcgis.blogspot.co.id

Subscribe to this Blog via Email :