Kamis, 21 Mei 2020

belajargis_official

Membagi Polygon yang sama Luasan

Secara umum sering kita melihat pembangunan perumahan secara masif terjadi dibeberapa daerah khususnya di wilayah perkotaan, hal tersebut seiring dengan itu banyaknya developer menawarkan iklan baik itu di media cetak, elektronik dll gencar dilakukan untuk menarik si pembeli yang juga menjadi salah satu strategi bisnis dalam mengaet pembeli. iklan tersebut salah satunya memuat peta lokasi yang sudah dibagi perpetak untuk dibangunkan perumahan, dalam pembagian petak tersebut sudah diberikan luasan bedasarkan  panjang dan lebar perumahan itu,  penting untuk membagi petak tersebut agar sipembeli sudah dapat menentukan lokasi yang akan dibelinya.
Membagi polygon yang sama luasanya bukan hal yang baru banyak cara yang digunakan dalam kegiatan ini, kami akan coba mengulas cara membagi menggunakan fasilitas di XtoolPro yaitu Create Fisnet yang ada pada Arcgis 10.3.1. berikut kami ulas tahapannya :
tahap 1. buka Arcgis 10.3.1
tahap 2. masukkan peta lokasi yang akan dibagi petaknya (perlu diingat agar koordinat peta dalam bentuk UTM)
tahap 3. buka XtoolPro lalu Create Fishnet

tahap 4. Create Fishnet, pada Source pilih Layer Extent, sedang pada Layer pilih peta yang akan kita bagi petaknya. lanjut pada  Height  kita isi dengan 15 meter dan Width kita isi dengan 10 meter (Height dan Width dapat diisi sesuai luasan petak yang akan dibuat).

belajargis_official

About belajargis_official -

Author Description here.. belajararcgis.blogspot.co.id

Subscribe to this Blog via Email :