Senin, 05 September 2016

belajargis_official

Desain Sampling Metode Jalur Pengamatan


     Pada artikel ini kami akan coba membahas Desain Sampling dengan menggunakan Metode Jalur Pengamatan pada Arcgis 10.x, Desain Sampling ini banyak digunakan untuk keperluan evaluasi seperti evaluasi tanaman, pengamatan satwa, tumbuhan dll. Desain Sampling ini perlu kita buat agar  data yang dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan untuk analisis lebih lanjut. 

        Ada dua cara yang yang dapat anda gunakan dalam melaksanakan pengamatan yaitu dengan metode Jalur Pengamatan (Line) dan Metode Titik Pengamatan (Plot). masing-masing memiliki teknik tersendiri dan cara membuatnya yang berbeda, untuk tahap ini kami coba membahas menggunakan Metode Jalur Pengamatan, tetapi sebelum itu kita harus menentukan berapa jarak antar jalur, lebar jalur dan intensitas sampling yang diberikan. untuk lebih lanjut berikut kami coba membahas tahapannya sebagai berikut :


Step 1. Buka Arcgis 10. x

Step 2. Masukkan peta yang akan kita desain samplingnya

Step 3. Ubah koordinat system peta menjadi koordinat UTM (WGS 1984 UTM Zone xxS)

Step 4. Tampilkan peta dalam keadaaan full extent, kemudian lakukan pengukuran peta mengunakan Measure gunanya untuk mengetahui height (tinggi) peta tersebut pada layar Arcgis.


Step 5. Buka XTools Pro pada menu Arcgis, lalu pilih Create Fishnet

Step 6. Tampilan Create Fishnet, pada Heigth isikan tinggi peta yang telah kita ukur menggunakan Measure tadi, pada Width isikan jarak antar jalur (meter), pada Path tentukan nama file dan folder penyimpanan file, Geometry Type pilih Polyline. lalu pilih OK

Step 7. Lakukan pengeditan jalur yang telah dibuat dengan Start Editing lalu Select All pada Atributte Table, pengeditan dilakukan untuk mengeser posisi jalur (line) pengamatan ke titik yang kita inginkan.


Step 8. Kemudian lakukan pemotongan jalur (line) sesuai dengan peta, pada menu Arcgis buka Geoprocessing lalu pilih Intersect. pada tampilan Intersect, pada Input Features masukkan jalur (line) dan peta, pada Output Features Class tentukan nama file dan folder penyimpanan file, lalu pilih OK.

Step 10. Pada menu Arcgis buka Geoprocessing lalu pilih Buffer untuk menentukan lebar jalur (line) pengamatan, pada tampilan Buffer, pada Input Features masukkan jalur (line), pada Output Features Class tentukan nama file dan folder penyimpanan file, pada Linear Unit isikan lebar jalur (line) pengamatan. lalu pilih OK

      Demikian tahapan-tahapan dalam membuat jalur pengamatan, silahkan mencoba mengaplikasikan pada Arcgis semoga bermanfaat...

ARTIKEL TERKAIT :

Membuat efek 3D dengan Hillshade pada Arcgis 10.3

Cara Memberikan Koordinat pada peta yg belum ada Koordinatnya

Klasifikasi Image secara otomatis pada Arcgis


belajargis_official

About belajargis_official -

Author Description here.. belajararcgis.blogspot.co.id

Subscribe to this Blog via Email :