Selasa, 10 Mei 2016

belajargis_official

Cara Memberikan Koordinat pada peta yg belum ada Koordinatnya



  Dalam membuat sebuah peta koordinat merupakan unsur utama dimana peta itu berada, jika kita mendapatkan sebuah peta yang belum ada kordinatnya maka disitulah awal dari kehancuran hehe lebay.com, berikut kami mencoba menguraikan dengan singkat cara memberikan koordinat peta, dalam memberikan koordinat peta ada dua yaitu koordinat geografis dan koordinat UTM (x,y), jika kita akan memberikan koordinat UTM maka terlebih dahulu kita harus mengetahui peta tersebut berada di zona berapa, yang akan kami ulas menggunakan koordinat latlong.

BACA : Klasifikasi Image secara otomatis pada Arcgis



Step 1. Buka Arcgis lalu Add Data peta yang katanya peta yang belum berkoordinat yang dapat menghancurkan dunia perpetaan hehehe.


Step 2. Buka Arctoolbox lalu Data Management Tools kemudian Projections and Transformations pilih Define Projection (klik 2x) jika kliknya cuman sekali tidak terbuka.


Step 3. pada Define Projection Masukkan peta yang belum berkoordinat pada “Input Dataset or Features Class” , dan masukkan koordinat GCS_WGS_1984 pada “Coordinat System” caranya klik Folder Geograpic Coordinat System --> world --> WGS 1984.


Step 4. jika kita ingin menambah koordinat yang sebelumnya hanya koordinat geografis ditambahkan dengan koordinat UTM, pilih Arctoolbox --> Data Management Tools --> Projections and Transformations --> “Project” pada Output Coordinate System masukkan koordinat UTM sesuai zona peta itu berada misalnya Sulawesi Tenggara "UTM zona 51S" 

catatan: kalo pake GCS_WGS_1984 maka koordinat peta Geografis, kalo pake UTM Zona XX maka koordinat peta UTM. kita tinggal pilih mana yang akan digunakan bisa salah satunya maupun dua-duanya. 

selamat mencoba..

ARTIKEL TERKAIT :











belajargis_official

About belajargis_official -

Author Description here.. belajararcgis.blogspot.co.id

Subscribe to this Blog via Email :